artikel mahasiswa

Poskolonialisme Reinkarnasi Kemerdekaan Semu

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - artikel mahasiswa

Oleh Arbi Sanit*

MENANGGALKAN KANTUK

Sebab dengan ingatan, kata-kata adalah jalan

Ada yang belum diterjemahkan oleh peristiwa

Juga lelah yang begitu saja terkubur oleh zaman

Kita menanggalkan kantuk ketika jam dinding : Bercerita

Arbi Sanit, 2016

 

Baca selengkapnya...

 

Mangsa Pipagétoeun

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - artikel mahasiswa

Minggu, 20 Desember 2015 19:09

Karya: Ahmad Ginanjar

rék kumaha pilampahan?

ngeunteung-ngeunteung peunteu téh kalah nganteng-nyawang pipagétoeun

nu pinasti karandapan

Baca selengkapnya...

 
 

Master of Ceremony

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - artikel mahasiswa

Ditulis oleh Administrator Sabtu, 21 November 2015 06:44

Oleh
Ahmad Ginanjar

Tidak dapat disangkal lagi kalau kata Master of Ceremony lebih tenar daripada kata Pembawa Acara. Terbukti kalau kekerapan kata Master of Ceremony—yang juga tenar disingkat MC—lebih sering dipergunakan daripada kata Pembawa Acara. Dalam acara pernikahan, khitanan, pesta ulang tahun, hingga nama salah satu mata kuliah dalam jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia pun memakai MC (Master of Ceremony), bukan mata kuliah Pembawa Acara. Memang dalam hati (sebagian) orang Indonesia, bahasa Inggris lebih berwibawa dibandingkan dengan bahasa Indonesia.

Baca selengkapnya...

 
 

Rektor Buka Sidang Tahap II, 19 Juli 2014

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - artikel mahasiswa

Kamis, 24 Juli 2014 10:32

Rektor Universitas Suryakancana, Prof. Dr. H.  Dwidja Prijatno, S.H, M.H., Sp.N membuka acara sidang Tahap II, 19 Juli 2014. Hadir saat itu, PR I, Dr. Hj. Iis Ristiani, M.Pd, Dekan FKIP, Dr. H. Iyep C. Hermawan, M.Pd, Direktur/Ketua Prodi Pascasarjana BI, Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd., Sekprodi, Dr. H. Sri Mulyanti, M.Pd. para dosen, dan para hadirin lainnya.  Menurut Rektor, lulusan kali ini lebih mudah dibandingkan dengan lulusan nanti pasca pelaksanaan Peraturan Menteri No 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dengan mulai diterapkan 72  sks  pada perkuliahan di program magister dan jenjang doktoral.  Belum lagi,  publikasi ilmiah dari tesis para lulusan harus dipublikasikan di jurnal ilmiah tingkat nasional.

Rektor menyinggung penerapan akreditasi insititusi yang sedang dilakukan oleh universitas.  Dewasa ini, universitas juga sedang menggenjot pembangunan sarana seperti: Gedung pasasarjana dengan budget 6,2 M dan stadion mini sedang dalam tahap pengerjaan. Pada gilirannya, alumni unsur  memiliki kebanggaan terhadap almamaternya.

Baca selengkapnya...