Bahasa & Sastra

Pemenang Anugrah Sastra Rancage 2013

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Bahasa & Sastra

Kamis, 06 Juni 2013 04:18

Prof. Ganjar Kurnia satu pemenang hadiah Rancage 2013 (Foto: www.klik-galamedia.com)

Yayasan Kebudayaan Rancage kembali menganugerahkan hadiah Sastra Rancage 2013 kepada tujuh sastrawan yang menulis buku dengan bahasa daerah. Penghargaan kali ini cukup istimewa karena merupakan penghargaan ke-25 yang diberikan Rancage secara terus-menerus tanpa terputus.

Tujuh penghargaan ini terbagi dalam karya dan bahasa Sunda, karya dan bahasa Jawa, karya dan bahasa Bali, serta penghargaan Samsudi, yakni penghargaan karya sastra Sunda anak-anak. Untuk karya sastra dalam bahasa Sunda diberikan kepada Deni A. Fajar (Lagu Padungdung, kumpulan sajak) dan Prof. Dr. Ganjar Kurnia (jasa). Penghargaan karya sastra Jawa kepada Khrisna Mihardja (Prastisara, kumpulan cerpen) dan J.F.X. Hoery (jasa). Penghargaan sastra Bali diberikan kepada I Made Sugianto (Sentana, roman pendek) dan I Nyiman Suprapta (jasa).

Baca selengkapnya di sini

 
 

Pilihan Bahasa Remaja dalam Perspektif Umur dan Lintas Generasi

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Bahasa & Sastra

Minggu, 26 Agustus 2012 00:20

oleh: Ganjar Harimansyah

Sumber postingan diambil dari : situs pusat bahasa kemdiknas

Kelompok Umur dan Pilihan Bahasa Remaja

Umur adalah suatu fakta biologis yang karakteristiknya berimplikasi pada berbagai organisasi sosial dan beragam peraturan, seperti aturan umur sekolah, izin mengemudi, hak suara dalam pemilihan umum, wajib militer, pengadilan anak, atau perlakuan khusus pada manula. Tuturan juga merupakan salah satu dari karakteristik yang dapat mengungkapkan penilaian umur dan membedakan satu kelompok umur dengan kelompok umur lain.

Bahasa generasi muda (remaja) barangkali yang paling banyak diteliti dari semua variasi umur. Inti dari penelitian bahasa remaja itu adalah bagaimana fitur istimewa dari ujaran remaja itu dapat dideskripsikan. Beberapa peneliti mengatakan bahwa yang paling penting dalam penelitian semacam itu adalah sebuah register remaja dapat membedakan bahasa remaja dari bahasa anak-anak di satu sisi dan bahasa orang dewasa di sisi lain (Widdicombe dan Wooffitt, 1995).

Baca selengkapnya...