Semiloka

Menteri Negara Koperasi dan UKM Beri Kuliah Umum di Kampus UNSUR Cianjur

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Semiloka

Rabu, 07 November 2012 10:39

 

Menteri Negara Koperasi dan UKM memberikan kuliah umum di Kampus UNSUR Cianjur, Selasa (6/11) [Foto: admin]

Dalam rangka menanamkan jiwa enterpreneurship di kalangan generasi muda, pada hari Selasa (6/11), pihak Rektorat/Panitia mengundang Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Dr. H. Syariefuddin Hasan, SE, MM, MBA sebagai pemberi materi dalam  kuliah umum (Studium Generalle) di hadapan 350 peserta terdiri perwakilan dosen dan mahasiswa di lingkungan UNSUR Cianjur di Gedung Serbaguna FKIP Cianjur.  Acara dihadiri pula oleh deputi, staf ahli, Bupati/mewakili, pejabat dinas terkait, Rektor beserta jajarannya, dan para dekan di lingkungan UNSUR.

Kuliah Umum tsb bertemakan “Peran Kewirausahaan Bagi Mahasiswa UNSUR Tahun Akademik 2012-2013. Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Dr. Hj. Iis Ristiani, M.Pd, kegiatan ini diadakan dalam rangka menyikapi fenomena ekonomi-sosial-budaya akibat globalisasi sehingga munculnya sejumlah konsekuensi.  Langkah antisipatif perguruan tinggi diantaranya menyiapkan hard skill maupun soft skill para mahasiswanya agar bisa berkompetisi, mandiri, trampil, kreatif dan inovatif. Enterpreneurship dipandang bukan saja gerbang membebaskan kemiskinan, tetapi merupakan sumber-sumber kesejahteraan bagi masyarakat.  Bagi mahasiswa dan dosen UNSUR, kuliah umum  ini amat berharga, karena diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM.  Ketua Panitia berharap kuliah umum ini membekali mahasiswa UNSUR menjadi mahasiswa memiliki jiwa enterpreuneurship yang maju, berkembang dan berdaya saing di tingkat lokal, nasional, regional bahkan internasional.

Baca selengkapnya...

 
 

Kepentingan Budaya dan Tuturan tentang Penca dalam Tradisi Lisan Sunda

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Semiloka

Senin, 08 Oktober 2012 01:17

Narasumber Seminar internasional IV, Mrs. Frances B. Affandy dengan pimpinan Prodi PBSI S2 UNSUR di ruang dosen PBSI S2 UNSUR (Foto-foto: Rudy SY/Pubdok]

Saat dalam perjalanan di sebuah kereta api di kota Budapest, Hongaria, Mrs. Frances Bowden Affandy mendengar sayup-sayup percakapan yang membangkitkan rasa kepenasaran dirinya untuk mencari sumber suara. Seolah dalam mimpi, percakapan dituturkan dalam satu bahasa yang khas terngiang di telinganya, yaitu tuturan bahasa Sunda.  Hal ini mendorongnya untuk mendekatii satu keluarga sedang asyik melakukan percakapan yang seolah tidak mempedulikan berada di mana saat itu.  Mrs. Frances memberanikan diri menyapa:  punten....Ternyata dijawab dengan "someah darehdeh" dan langsung mempersilakannya duduk di sampingnya. Surprised!! Setelah ditelusuri, ternyata  mereka adalah keluarga asal Sunda yang tengah berlibur di negeri Eropa Timur tsb.  Komunikasi pun akhirnya terjalin dengan hangat.

Baca selengkapnya...

 
 

285 PESERTA IKUTI SEMINAR INTERNASIONAL IV DI UNSUR CIANJUR

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Semiloka

Minggu, 07 Oktober 2012 00:26

 

FOTO BERSAMA. Narasumber berpoto bersama dengan Rektor, unsur pimpinan  dan  dosen  [Foto-foto: Rudi SY/Pubdok SI-IV]

SEMINAR internasional keempat yang digelar di Gedung Serbaguna FKIP Universitas Suryakancana Cianjur (6/10) berlangsung sukses. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian  kegiatan Wisuda Sarjana/Magister yang akan dihelat Rabu, 10/10 nanti.  Mayoritas peserta cukup antusias mengikuti kegiatan hingga detik terakhir penutupan. Beberapa penanya akhirnya harus menunda pertanyaannya akibat waktu telah melebihi yang telah ditetapkan.

Awalnya, Panitia hanya membatasi jumlah peserta maksimal 250 peserta. Namun, peserta  banyak yang  daftar mendadak sehingga angka 250 pun cepat terlampaui.  Beruntung, Panitia menyediakan stok cadangan seminarkid, konsumsi, kursi dan sertifikat sebagai antisipasi peserta dadakan ini dan semua peserta  dapat terlayani dengan baik.

Baca selengkapnya...

 
 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL