Pengabdian Kepada Masyarakat PBSI (S-2) di SMPN 1 Cisolok Sukabumi

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Pengabdian Masyarakat

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

GAMBAR. Penyerahan Cinderamata dari Direktur Pascasarjana UNSUR kepada Kepala SMPN 1 Ciolok

PRODI Pendidikan Bahasa dam Sastra Indonesia (S-2) kembali mengadakan "Pengabdian kepada Masyarakat" (PKM) di SMP Negeri 1 Cisolok, Sabtu, 19 April 2014. Ini merupakan kegiatan PKM kedua dalam semester ini.  Sebelumnya bekerja sama dengan PBSI FKIP UNSUR, Prodi PBSI (S-2) berhasil menggelar kegiatan PKM Bagi Guru-guru di Kabupaten Cianjur.  (Baca: LINK PKM PBSI S-1 dan S-2 di SINI).

Pengabdian kepada masyarakat di wilayah paling ujung barat  provinsi Jawa Barat bagian selatan kali ini bertema "Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif bagi Guru-guru di SMP Negeri 1 Cisolok Kabupaten Sukabumi".  Sambutan dalam acara pembukaan diisi oleh Direktur Pascasarjana Universitas Suryakancana Cianjur, Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd.

Menurut Direktur Pascasarjana, rombongan dari Cianjur sengaja datang untuk berdiskusi dan bersilaturahmi dengan praktisi pendidikan di lapangan yang hasilnya dapat dijadikan  sebagai bahan pekerjaan di institusi pendidikan dipimpinnya.  Dalam hal ini, disampaikan pula rasa terima kasih atas kesiapan pihak tuan rumah menerima rombongan PKM PBSI S-2 ini.  Disebutkan lebih lanjut, lembaga Pascasarjana PBSI S-2 berdiri sejak tahun 2005, bukan saja diikuti mahasiswa dari kabupaten Cianjur, tetapi Sukabumi, Purwakarta, KBB, dan Kota Bandung/Cimahi,

Selanjutnya, Kepala SMPN 1 Cisolok, Iman Sulaiman, S.Pd, M.M.Pd. mengucapkan selamat datang dan sangat  gembira kedatangan rombongan UNSUR in untuk berbagi infrmasi dan ilmui.  Menurut KS yang juga Ketua Forum Komunikasi Guru di empat kecamatan, terdiri Cisolok, Cikakak, Pelabuhanratu, dan Simpenan menyatakan bahwa peserta kali ini  diikuti guru-guru SMP N 1 Cisolok dan Cikakak. Mudah-mudahan dengan undangan terbatas ini peserta dapat menyampaikan kepada guru-guru lain di wilayah tsb.

Acara PKM dipandu moderator Dr. H. Kohar Pradesa, M.Pd. didahului oleh materi Pendekatan Scientific sebagai Karya Inovatif Pembelajaran (sastra) dibawakan oleh Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd.  Dengan mengambil contoh puisi "Do'a" karya Chairil Anwar, narasumber yang juga Direktur/Ketua Prodi PBSI S-2 mengupas puisi tsb mulai tahap observasi hingga penalaran dan mencoba. Pembahasan setiap tahap  dilakukan secara intens.   Kesimpulan akhirnya diperoleh bahwa pendekatan scientific (ilmiah) dapat dilakukan dalam proses pembelajaran sastra bagi para siswa.

Tampil pula pada sesi pertama, Dr. H. Iyep Candra Hermawan, M.Pd membawakan materi seputar pembuatan dan publikasi jurnal sebagai karya ilmiah. Dalam pengantarnya, narasumber yang juga Dekan  FKIP Universitas Suryakancana mengisahkan bahwa Cisolok bukan hal asing. Sebab istri beliau adalah orang asli Cisolok bahkan tercatat sebagai alumnus SMPN 1 Cisolok.  Sesi kedua diisi oleh Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd. membawakan materi "Buku Teks/Modul/Diktat" dan dilanjutkan Dra. Hj. Yeni Suryani, M.Pd. membawakan materi "Buku Pengayaan/Nonteks pelajaran.  Materi ditutup dengan sesi ketiga, dengan narasumber Dr. Hj. Sri Mulyanti, M.Pd dengan materi "Makalah Ilmiah" dan Aan Hasanah, S.Pd. M.Pd.  membawakan materi "Artikel Ilmiah'. Setiap sesi diakhiri dengan tanya jawab.

Kegiatan Foto Bersama pasca kegiatan/dan

Kegiatan PKM berakhir tepat pukul 12.00 WIB.  Seluruh peserta mendapatkan seminar-kit, konsumsi, dan diakhir mendapatkan sertifikat.  Seluruh kegiatan diakhiri dengan kegiatan foto bersama. (dadanwdhien)

Baca LINK SEJENIS:

Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Cianjyr 2013. (LINK DI SINI)

Penelitian Sosiolonguistik Mahasiswa di Cisolok 2014. (LINK DI SINI)

Karyawisata di Cisolok 2014  (LINK Di SINI)