Mahasiswa PBSI S-2 UNSUR Kunjungi Perpusnas RI dan Teater Koma TIM Jakarta

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Kuliah Lapangan

Mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terdiri mahasiswa semester 1, 2, dan 3 mengadakan kunjungan ke Perpustakaan Nasional RI dan Teater Koma, Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini Jakarta. Rombongan didampingi oleh Aan Hasanah, S.Pd., M.Pd. dan Rizal Barnabas, S.Pd.  Rombongan terbagi dua, yakni mahasiswa semester satu berangkat lebih dulu, hari Kamis (14/11) dan sisanya hari Jum'at (15/11).

Sambil menunggu acara pertunjukan teater di TIM Jakarta yang digelar pukul 19.30, para mahasiswa memanfaatkan waktu dengan mengunjungi perpustakaan terbesar di tanah air.  Di Perpustakaan Nasional yang terletak di Jalan Salemba Raya ini para mahasiswa melihat secara langsung sejumlah koleksi dimiliki perpustakaan berupa buku-buku, naskah kuno, dan naskah digital.  Mahasiswa juga memanfaatkan untuk mendaptar sebagai anggota Perpusnas RI yang dipandu oleh petugas.

Setelah acara di Perpusnas RI, para mahasiswa melanjutkan ke Taman Ismail Marzuki untuk menonton pertunjukan teater seri IBU (Mother Courage and Her Children) Karya Bertolt Brecht.  Kegiatan ini dilaksanakan sebagai aplikasi mata kuliah kuliah Sastra dan Budaya Nusantara untuk melihat secara langsung dan menganalisis dalam kacamata bidang sastra.

Sinopsis

Perang berkecamuk di seluruh benua. Negara yang mengusung bendera Matahari Hitam melawan negara lain yang mendukung Matahari Putih. Segalanya serba tidak pasti. Semua orang, tanpa terkecuali, jadi korban.

Ibu Brani menolak jadi korban. Dia justru mencium peluang bisnis. Bersama dua putra dan seorang putri bungsu yang bisu, mereka melintasi medan perang, menarik gerobak penuh barang dagangan.

Tidak peduli resimen Matahari Hitam atau Matahari Putih, semua boleh membeli barang dagangan Ibu Brani. Syaratnya? Bayar dengan uang. Ibu Brani bertekad meraup untung dari perang. Tapi, di akhir perang, apakah ada pihak yang betul-betul meraih untung?

Demikian sinopsis pertunjukan teater IBU dalam tema "Perang abad ke-17 yang tetap menjadi dasar politik masa kini" di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.  Pertunjukan teater tersebut merupakan produksi ke-131.  Selama tanggal 1 s.d. 17 November 2013, Teater Koma menampilkan  IBU (Mother Courage and Her Children) Karya Bertolt Brecht, Sutradara N. Riantiarno setiap pukul 19.30 WIB, kecuali Minggu, pukul 13.30).

Penyelenggara mematok harga tiket Weekend (Jumat - Minggu): 300 rb, 250 rb, wing 150 rb, balkon 100 rb, Weekday (Senin - Kamis): 250 rb, 200 rb, wing 100 rb, balkon 75 rb dan mahasiswa 50 rb

Lebih detail laman teater koma: http://www.teaterkoma.org/

Kesan dan pesan peserta

Kesan dan pesan atau ulasan tentang Pementasan Teater Koma diberikan oleh seorang peserta kunjungan, Evi Nurwidiasih yang mengungkapkan kepada Redaksi "laman PBSI S-2" menyatakan bahwa ditinjau dari segi cerita atau lakon, meskipun cerita ini merupakan cerita terjemahan dari judul asli "Mother Courge and Her Children", tetapi secara keseluruhan pertunjukan dari awal sampai akhir cerita dapat mudah dipahami.

Seni panggung unsur lighting (pencahayaan), sound system, dan blacking pemain sangat sesuai dengan dialog-dialog pemain.

Dari segi pemain (tokoh) diungkapkan bahwa pemilihan karakter tokoh yang sesuai menyebabkan mudahnya pemahaman  penonton (apresiator) terhadap isi/maksud cerita.  Segi volume suara dan intonasi vokal para pemain  sangat bagus, terutama beberapa orang pemeran utama sehingga memperkuat karakter tokoh.  Gesture (gerakan tubuh) pemain juga sangat pas (sesuai) sehingga membuat pertunjukkan teater menjadi elegan.

Ketika ditanya lebih lanjut Redaksi, sambil tersenyum Evi Nurwidiasih (mahasiswa semester tiga Program Pascasarjana  PBSI S-2) mengungkapkan "Saya sangat puas dengan pertunjukan ini dan berharap dapat menyaksikan pertunjukan-pertunjukan teater koma yang lain," ujarnya sambil bergegas menuju ruang kuliah. ****

***(dewa)