Studi Lapangan Sosiolinguistik 2014 di Cisolok

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Kuliah Lapangan

GAMBAR. Peserta sesaat sebelum meninggalkan Cisolok melakukan foto bersama di Karanghawu, Cisolok (19/4)

 

MAHASISWA semester 1 dan 2 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S-2 Universitas Suryakancana Cianjur mengadakan studi lapangan atau Penelitian Lapangan mata kuliah Sosiolinguistik di Cisolok  Kabupaten Sukabumi.  Kegiatan penelitian dilakukan selama dua hari, Jum'at-Sabtu, (18-19 April  2014). Kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMPN 1 Cisolok, 19 April 2014 (Beritanya Link di Bawah artikel ini). Sebelumnya di tahun yang lalu, mahasiswa bahasa UNSUR dan UPI Bandung mengadakan penelitian pada masyarakat pesisir pantai selatan Jawa Barat ini secara bersamaan.

Peserta studi lapangan terdiri mahasiswa semester 1 berjumlah 17 orang dan mahasiswa semester 2 berjumlah 21 orang.  Cikahuripan menjadi tempat menarik dikaji sebagai desa pesisir yang diprogramkan pemerintah  sebagai desa peradaban di Indonesia. Di lokasi ini, terdapat pelabuhan dilengkapi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cikahuripan.

Mahasiswa diterima oleh aparat setempat yakni Sekretaris Desa, Bambang Hermawan, karena Kades Heri Suryana berhalangan.  Bagi Bambang, ini adalah kedua kalinya menerima rombongan UNSUR. Di tahun lalu, beliau menerima sebagai Pejabat Harian, sementara sekarang sebagai Sekretaris Desa.  Menurut Bambang, pihaknya sangat welcome terhadap tamu.  Bukan dari UNSUR saja, sebelum ada rombongan mahasiswa IPB, UPI, UNPAD, bahkan UGM Yogyakarta menjadikan Cikahuripan sebagai tempat kunjungannya  Di Cisolok,  Cikahuripan merupakan desar pesisir bersama 3 desa lainnya, Karangpapak, Cisolok, dan Pasirbaru.  Sementara 9 desa lainnya merupakan desa agraris.  Penduduk desa Cikahuripan mayoritas (di atas 80 persen) adalah nelayan.

 

Pemberiaan Cinderamata dari Sekrodi PBSI S-2, Dr. Hj. Sri Mulyanti, M.Pd. kepada Sekdes, Bambang Hermawan (Foro: dan)

 

Sebelumnya  Ketua Pelaksana Studi lapangan, Dandy Idham Chalid melaporkan jumlah peserta studi lapangan ini.  Kemudian dilanjutkan sambutan Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-2), Dr. Hj. Sri Mulyanti, M.Pd.  Menurut Sekrprodi, kegiatan terjun langsung di tengah masyarakat bagi mahasiswa bahasa, terutama berkaitan mata kuliah sosiolinguistik sangat penting untuk melihat aspek penggunaan bahasa di kalangan masyarakat penuturnya.  Mahasiswa akan mendapat pengalaman secara langsung mengenai kapan terjadinya campur kode, alih kode, interferensi, dialek, variasi bahasa, dan lain-lain.  Sekrpodi mengucapkan terima kasih atas kesediaan pihak desa direpotkan dengan kunjungan mahasiswa dibimbingnya.

 

Prof. Dr. H. Yus Rusyana memberikan evaluasi penelitian telah dilakukan mahasiswa di Pondokan Jaro Troy Cisolok (Foto: Rizal B)

Setelah kegiatan selesai, para mahasiswa diberi pengarahan oleh Dosen II Sosiolinguistik, Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd tentang hal-hal yang harus dilakukan pada saat mencari data ke lapangan. Seluruh mahasiswa akhirnya terjun ke lapangan sesuai dengan tugas masing-masing yang ditulis mereka dalam proposal peneltian mereka.  Temuan dan data diperoleh di lapangan kemudian dievaluasi bersama dosen I Sosiollinguistik, Prof. Dr. H. Yus Rusyana di pondokan Jaro Troy.  Lokasi ini tepat bersebelahan dengan pelabuhan Cikahuripan dan tak jauh dari TPI Cikahuripan.  Evaluasi sekaligus bimbingan perdana ini dalam penyelesaian tugas mahasiswa  membuat makalah dari temuan saat penelitian di lapangan.  Dosen pengampu I ini memberikan tenggat sampai esok hari bagi mahasiswa belum lengkap untuk melengkapi datanya dengan mengunjungi masyarakat setempat. (peliput: dadanwdhien)

 

ARTIKEL TERKAIT

KEGIATAN PKM CISOLOK 2014

STUDI LAPANGAN SOSIOLINGUISTIK CIKAHURIPAN 2014

STUDI LAPANGAN SOSIOLINGUISTIK SINDANGBARANG 2013

STUDI LAPANGAN SOSIOLINGUISTIK CIKAKALONG KULON 2011