Penelitian Mahasiswa Sosiolinguistik di Jambudipa

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Kuliah Lapangan

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Sebanyak 32 mahasiswa Program Magister Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana UNSUR Cianjur mengadakan penelitian lapangan di Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Sosiolinguistik semester ini. Adapun topik kajian ini adalah upaya memahami pengunaan bahasa dalam masyarakat dan adat budaya di desa Jambudipa.  Kegiatan ini dilakukan  selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu, 9-10 April 2016.

Mahasiswa diterima oleh Sekretaris Desa Ahmad Rusyadi S.IP. Rombongan mahasiswa UNSUR ini dipimpin oleh Sekretaris Prodi,  Aan Hasanah, M.Pd, dosen mata kuliah Sosiolinguisti, Dr, Hj. Siti Maryam, M.Pd dan Dadan W, M.Pd dan sejumlah mahasiswa kelas 2A dan 2B.

Menurut Sekdes mewakili Kades Jambudipa yang berhalangan hadir, mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa Program Magister ini. Di Cianjur ada  sentra yang  memproduksi  tinta gentur dan  lentera gentur di sini.  Tulisan menggunakan tinta gentur tidak berubah warna.  Selain itu masyarakat umumnya bertani di sawah. Di Cianjur tanah yang cocok untuk ditanami padii pandanwangi ini dikenal masyarakat karena memiliki cita rasa harum dan pulen ini. Adapula yang memelihara ayam pelung dengan suara "halimpu" ini ternyata diternak di sini pula.

Sementara itu dosen mata kuliah Sosiolinguistik, Dr. Hj. Siti Naryam, M.Pd mengungkapkan rambu-rambu yang diutarakan oleh Sekdes sebagai bentuk kearifan lokal masyarakat di sini. Ini kali kedua  bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian di desa in setelah tahun 2012.

Mahasiswa dan atas nama lembaga pascasarjana memberikan kenang-kenangan plakat yang disampaikan  Sekretaris Prodi kepada diterima oleh Sekretaris Desa. Ada beberapa pertanyaan berkaitan dengan penggunaan bahasa sehari-hari dan budaya setempat yang mampu diantaranya dijawab oleh Sekdes.

Selanjutnya, koordinator angkatan Irwan Firmansyah (2A) dan Ridwan Arzak Mubarok (2B) membagi mahasiswa ke dalam beberapa kelompok.   Tiap kelompok memiliki tugas berbeda.

Setiap  permasalahan yang ditemui di lapangan kemudian didiskusikan dan dievaluasi,  Prof, Dr. H. Yus Rusyana memberikan arahan dan bimbingannya pada pukul 14.00 WIB.. Laporan penelitian ini akan disajikan dalam berbentuk makalah.

Adapun nama-nama peserta selengkapnyaL 2A :

Ade Muliana, Ahmad Ginanjar, Asmi Nurmala, Eka Amalia, Ganjar Subekti, Irawati Meiwati, Irwan Firmansyah, Leni Muldiawati, Lia Hendari, Lisda Faradila, R. Sugiono, Ratna Hadijah, Ritya Norrihansyani, Selvia Agustini, Siti Nurmilansyah, Sumyati, Tuti Retno Susanti, Yati Mulyati, Yusep Somantri, Rima Rahayu, Rokhid, dan Rohmayati. Adapun kelas 2-B : Ahmad Rifai, Denny Shaleh Iswara, Edi Kurniawan, Gunawan, Pemi Rusmiyanti, Ridwan Arzak Mubarok. Saufi Gumelar, Herawati, Titin Suryani, dan Ridwan Efendi. @@