Pengabdian kepada Masyarakat Prodi PBSI S-2 dan PBSI S-1 Digelar Sabtu (15/3) ini

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Pengabdian Masyarakat

Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-2) bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Suryakancana Cianjur menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) hari Sabtu, 15 Maret 2014.  Kegiatan PKM bertemakan "Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-guru di Kabupaten Cianjur" berlangsung sejak pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB di Ruang D-7 dan D-8.

Kegiatan PKM didahului oleh Laporan Panitia dibawakan Sekretaris Program PBSI S-2, Dr. Hj. Sri Mulyanti, M.Pd.  Dilaporkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tugas perguruan tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian.  Sekprogram memaparkan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh para guru  dari berbagai jenjang mulai SD, SMP, dan SMA, juga dihadiri oleh mahasiswa S-2, alumni, dan dosen peneliti di lingkungan FKIP UNSUR.  Kegiatan ini rencananya berlangsung 80 jam, yakni 15 -25 Maret 2014. Selain pemberian materi tatap muka hari ini, juga disediakan waktu konsultasi hingga tanggal 25 Maret 2014 di kantor PBSI S-2 dan kantor PBSI S-1 UNSUR.

Kegiatan PKM dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Universitas Suryakancana, Dr. H. Iyep Candra Hermawan, M.Pd.  Dekan menyambut gembira dan bangga  atas kegiatan pengabdian masyarakat diadakan civitas akademika FKIP dan PBSI S-2 seraya beliau  meminta  agar  kegiatan ini  dapat  dilanjutkan secara berkala  dengan melibatkan guru-guru bukan hanya di lingkungan guru bahasa Indonesia, tapi guru mata pelajaran lain.  Dekan juga menyebutkan bahwa di lingkungan FKIP sekarang terdapat 5 program studi, yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani Kehehatan dan Rekreasi, dan Pendidikan bahasa Inggris.

"Diharapkan kegiatan ini menghasilkan produk yakni berupa artikel ilmiah untuk dimuat di jurnal. Sepuluh artikel terbaik dapat dimuat di jurnal dimiliki oleh FKIP dan PBSI S-2," ungkap Dekan dalam sambutannya.

Sementara mengenai publikasi jurnal diterbitkan di FKIP, Dekan menyebutkan bahwa jurnal FKIP telah didistribusikan ke instansi/lembaga sejawat,  perguruan tinggi tanah air, bahkan universitas di negeri sahabat.  Respon positif atas kiriman jurnal tsb diberikan oleh perguruan tinggi/lembaga penerima, seperti PD II LIPI, Perpustakaan Nasional, Badan Bahasa, Balai Bahasa, Arsip Daerah, PTN/PTS di Jawa Barat, dan nasional.

Acara PKM dibagi dua sesi. Sesi awal diisi oleh Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd membawakan materi "Etika Penulisan Artikel Ilmiah".  Kemudian diisi dengan materi "Sistematika Penulisan Artikel Ilmiah" oleh Dr. Hj. Iis Ristiani, M.Pd. dan Aan Hasanah, M.Pd.  Sementara "Bahasa dalam Artikel Ilmiah" dibawakan oleh Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd.  Acara dan sesi tanya jawab dipandu oleh moderator Muhamad Akhrom, S.Pd.I., M.Pd.

Sesi kedua dilanjutkan pada pukul 13.00 WIB. Muhamad Akhrom, S.Pd.I., M.Pd. memandu panelis tampil di sesi kedua terdiri duet Dra. Hj. Yeni Suryani, M.Pd dan H. Daud Pamungkas, M.Pd membawakan materi "Teknik Penulisan Artikel Ilmiah".  Adapun Dr. Hj. Sri Mulyanti, M.Pd membawakan materi terakhir yaitu "Teknik Ilustrasi dalam Artikel Ilmiah". Kegiatan PKM berlangsung hangat dan antusias dihadiri oleh sekitar 90 peserta. Sertifikat diberikan setelah tugas diberikan diselesaikan oleh para peserta.    (**dadan w. dhien).