KPL Sosiolinguistik di Cijagang, Cikalongkulon

PDFCetakEmail

headline - headline

Sekretaris Prodi Magister PBSI, Kades Cijagang, dan Peserta KPL Sosiolinguistik Cijagang  Cikalongkulon 2017

Untuk mengamati ragam bahasa dalam peristiwa tutur sehari-hari, Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Suryakancana mengadakan kegiatan Kegiatan Penelitian Lapangan (KPL) Sosiolinguistik 2017. Pelaksanaan dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu, 25-26 April 2017. Adapun lokasi yang dipilih adalah Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon.

Sebanyak 25 mahasiswa mengikuti KPL selama dua hari ini. Mahasiswa diterima oleh Kepala Desa dan stafnya di aula Desa Cijagang. Kepala Desa Cijagang, Bapak Asep Zulkarnaen Kartadireja menyambut baik kedatangan mahasiswa Progam Pascasarjana S2 ini di desa "Cikundul Punjul, Cijagang Nyongcolang". Menurut Kades, Cijagang adalah desa wisata, yakni  di sini terdapat ziarah religius Cikundul, Potensi lainnya dicoba dikembangkan adalah wisata arung jeram yang memanfaatkan sungai Cikundul. Selain itu,  telah dicoba untuk membuat cinderamata dari bambu. Ragam bahasa di Cijagang menggunakan bahasa Sunda, tetapi  di kompleks Cikundul terjadi interferensi antara penduduk lokal dan banyaknya pendatang dengan berbagai bahasa seperti dari daerah Jakarta, Jawa Timur, Banten, Cirebon, dan daerah lain di Nusantara.


Sambutan kedua dari Program Magister PBSI diwakili oleh Dosen Sosiolingiustik yaitu Ibu Dra. Hj. Yeni Suryani M.Pd.  Menurut dosen, mahasiswa akan mengadakan penelitian ragam bahasa tentang peristiwa tutur masyarakat tentang hal-hal seputar bidang sastra lisan, keagamaan/religius, mata pencaharian, struktur kelembangaan  di masyarakat, dan lain-lain.

Pemberian cinderamata dari Program Pascasarjana PBSI kepada Kepala Desa. Dilanjutkan acara foto bersama. Kegiatan ini selanjutnya dilakukan dengan masyarakat sekitar.

Dosen pengampu, Prof. Dr. H. Yus Rusyana tiba sore harinya.  Beliau mengapreasi dan memotivasi mahasiswa untuk mencari atau menggali data di masyarakat Cijagang.

Di sela kegiatan, mahasiswa melakukan ziarah ke makam Eyang Cikundul dari Posko Mahasiswa, Di sinilah dimakamkannya Bupati Cianjur pertama, Rd Aria Wira Tanu bin Aria Wangsa Goparaba (1677-1691) kemudian dikenal Dalem Cikundul.

Esoknya, Sekretaris Prodi PBSI, Ibu Aan Hasanah. M.Pd dan Kades Cijagang menutup kegiatan ini.

[*] {admin1}