Kang Barnas, M.Pd : Alumnus PBSI S2 UNSUR Ditugaskan di Negeri Piramid

PDFCetakEmail

Profil - Prestasi

 

Satu alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur, Kang Barnas, M.Pd (kiri) berkesempatan tugas di negeri Piramid - Mesir.

Namanya tidak panjang, yakni Barnas, S.Pd, M.Pd. Namun tugas Kang Barnas (kita sapa saja) cukup jauh dibanding kawan-kawan seangkatannya maupun lulusan PBSI S2 UNSUR lainnya.  Dia adalah salah satu lulusan Program Magister (S2) Universitas Suryakancana Cianjur tahun 2009. Kang Barnas tercatat sebagai guru  di SMAN 5 Kota Sukabumi sejak tahun 2004 s.d. sekarang.

Sejak Maret 2011, Kang Barnas mendapat pengalaman fenomenal yakni  guru Bahasa Indonesia yang diperbantukan di Sekolah Indonesia Cairo (SIC), Mesir.  Kang Barnas  mengajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di sana. Sekolah di Mesir masuk pukul 08.00 sampai 15.10 waktu setempat. Jam kerjanya hari Minggu sampai Kamis, sedangkan Jumat dan Sabtu libur, kecuali ada kegiatan sekolah seperti bimbingan belajar, dan ekstrakurikuler.

Di samping mengajar, Kang Barnas pernah ikut membantu mengajar bahasa Bahasa Indonesia untuk mahasiswa di Suez Canal University. Kampus ini  terletak sekitar 60 KM ke arah Terusan Suez. Nama Suez cukup terkenal karena di sini berada terusan yang menghubungkan benua Asia dan Eropah. Kampusnya tepat di sekitar Terusan Suez sehingga diberi nama Canal Suez University. Namun tidak terlalu lama mengingat jarak yang demikian jauh serta jadwal yang selalu bentrok dengan mengajar di SIC.

"Alhamdulillah sampai sekarang pembelajaran Bahasa Indonesia di sana masih berjalan, bahkan insya Allah rencananya akan dibuka Program Studi Bahasa Indonesia di Canal Suez University. Ini adalah peluang bagi para pengajar bahasa Indonesia khususnya bagi alumnus PBSI S2 UNSUR," ungkapnya.

Aktivitas lain yang dilakukan Kang Barnas selain mengajar adalah menulis.  Setiap acara seremonial selalu ditulisnya baik untuk hanya sekedar mengisi buku harian maupun sewaktu-waktu untuk dimuat di website KBRI Cairo. Banyak hal yang unik yang rasanya tidak ingin   dilewatkan olehnya untuk ditulis sebagai oleh-oleh buat rekan guru atau siswa, jikalau dirinya   suatu saat   kembali bertugas di tanah air.

Dalam kondisi jauh dari tanah air, Kang Barnas merasa benar-benar bangga sebagai bangsa  Indonesia. Jika setiap hari Senin mengikuti upacara bendera di sekolah ketika di tanah air, kekhidmatannta sangat jauh ketika mengikuti upacara di negeri orang. Kenapa? Karena kita ternyata sangat dikagumi bangsa lain. Indonesia yang oleh bangsanya sendiri terkadang banyak dicerca akhir-akhir ini, Mesir menilai Indonesia  dengan “kedua acungan jempol.”

Dalam sebuah acara di KBRI di Mesir

Yang lebih membanggakan adalah karena para mahasiswa Arab Mesir sangat menyukai pelajaran bahasa Indonesia. Menurut mereka, bahasa Indonesia jauh lebih mudah dibandingkan bahasa Arab. Jangan heran jika suatu saat orang Indonesia datang ke Mesir, khususnya di sekitar lingkungan Canal Suez University, langsung disapa dengan, “Apa Kabar?”. Sampai saat ini terjadi pertukaran mahasiswa Indonesia dengan Mesir. Banyak mahasiswa Arab Mesir yang sampai saat ini masih belajar di Indonesia (UGM) untuk kuliah dengan berbagai jurusan yang ada di UGM.

Dalam kesibukan dirinya mengajar, Kang Barnas  masih menyempatkan memperkenalkan budaya Sunda kepada masyarakat Mesir. Bukan hanya sekedar dalam acara perayaan di KBRI, tetapi juga di tengah masyarakat Mesir pernah ditampilkan Kecapi Suling. Bahkan saya diberi kesempatan untuk mengajarkan Kawih Sunda dan mengajarkan kecapi suling kepada masyarakat Arab Mesir setiap Senin sore di Pusat Kebudayaan Indonesia, Indonesian Cultural Center (bisa dilihat di: klik di sini ).

Sebagai salah satu alumnus, Kang Barnas mengucapkan rasa terima kasihnya kepada civitas akademika Universitas Suryakancana atas ilmu yang diberikan kepadanya.  "Semoga makin maju dan semakin peka terhadap kebutuhan kompetensi guru di lapangan," pesan Kang Barnas kepada rekan dan para juniornya. **  [diolah dari tulisan Kang Barnas oleh admin, Kang Barnas adalah, alumnus pbsi s2 unsur Cianjur tahun 2009, diperbantukan di Sekolah Indonesia di Mesir]


 

PBSI S-2 Berprestasi 2013

Regu Gerak Jalan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S-2 UNSUR dinyatakan sebagai juara pertama dalam Lomba  Gerak Jalan Santai Dies Natalis Fakultas Teknik (FT) Universitas Suryakancana Cianjur hari Selasa, 4 Juni 2013. Sebagai juara pertama,  regu gerak jalan PBSI S-2 yang diperkuat oleh mahasiswa semester 2 yakni: Tri Puji Astuti, Teti Sumiati, Lisa Karmiasih, Nyi Heni, dan Sri Purwaningsih berhak membawa pulang hadiah utama sebesar Rp. 500.000,00 dan sertifikat.

Selamat kepada Bapak Dr. H. Kohar Pradesa, M. Pd (Guru SMAN 1 CIbadak, dosen filsafat ilmu di Program Magaister (S-2) PBSI dan FKIP UNSUR Cianjur, pengajar di STKIP PGRI Sukabumi)   menjadi juara ke-1 Guru PKn Berkonstitusi Tingkat Jawa Barat mewakili Jawa Barat untuk tingkat nasional bulan Agustus 2013 mendatang. Semoga di tingkat nasional juga diberikan  kelancaran dan kesuksesan.  .

Selamat dan sukses bagi Bapak H.U. Abdul Aziz, S.Pd, M.Pd (alumnus Prodi PBSI S-2/Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur/Dosen FKIP UNSUR) yang telah meraih penghargaan sebagai Juara I pada Lomba Pengawas TK/SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2013. Penghargaan diberikan oleh Bupati Cianjur dengan nomor: 002/3740/Disdik tertanggal 21 Mei 2013.   Semoga prestasi tersebut menjadi momentum meraih prestasi berikutnya dan menginspirasi semua.

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.1

ANUGRAH BUDAYA KOTA BANDUNG 2012. Bapak Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd  mendapat "Anugrah Budaya Kota Bandung Tahun 2012" bidang Kesusastraan dari Walikota Bandung, H. Dada Rosada. Penghargaan diberikan di Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung (Jum'at, 30/11)

Baca lebih lanjut Link Berita : [Prof. Dr. Iskandarwassid Raih Anugrah Budaya Kota Bandung 2012]

GURU BERPRESTASI 2012. Bapak Herman Hermawan, M.Pd  (alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur tahun 2011) menorehkan prestasi  sebagai  JUARA II Guru Berprestasi Tingkat kabupaten Sukabumi. Pemberian penghargaan diberikan bertepatan Hardiknas, 2 Mei 2012  di alun-alun Kabupaten, Palabuhanratu oleh Bupati Sukabumi, Drs. H. Sukmawijaya, M.Si.

Baca lebih lanjut  link berita : [Meraih Mimpi, Merajut Prestasi)

 

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.2

PENGAWAS SEKOLAH  MENENGAH BERPRESTASI 2012. Bapak Drs. Sualeman Zuchdi, M.Pd (alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur tahun 2010)  meraih  prestasi sebagai Peringkat III  Pemilihan Pengawas Sekolah Menengah Berprestasi Tingkat Nasional 2012.Pemberian hadiah diberikan oleh Mendiknas, Bapak Moh. Nuh di Jakarta, 10 September 2012. Semoga dedikasi, kerja keras dan pengabdian di bidang pendidikan dapat menjadi motivasi secara pribadi maupun yang lain.

SAYEMBARA NASKAH BUKU 2012. Ibu Ihat Solihat, M.Pd  dan Ibu Erie Syarif, M.Pd  (dua alumnus PBSI s2 UNSUR tahun 2012 dan 2011) meraih  Pemenang I dan III dalam Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Pusat Kurikukum dan Perbukuan Badan Litbang Kemendikbud RI Tahun 2012.  Pemberian hadiah diberikan oleh Wakil Mendikbud RI di Hotel Aryaduta, Jl Prapatan/Tugu Tani 44-48 Jakarta, 5 November 2012. Link Beritanya : Dua alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur Juarai Sayembara Naskah Buku Pengayaan 2012

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.3

YUSIDIUM  PBSI S2 TERTINGGI WISUDA 2012

Bapak Yudi Budiman, M.Pd (alumnus 2012) dan Ibu Khaerunisa, S.Pd, M.Pd tercatat sebagai wisudawan Prodi PBSI S2 dengan Yusidium tertinggi 3,78 (Cum Lade).  Acara wisuda tahun 2012 dilangsungkan  di Hotel Palace, Cipanas, Rabu (10/10) dihadiri oleh Rektor UNSUR, dan segenap undangan.  Baca lebih lanjut profilnya : [Mengolah Pesimisme Menjadi Optimisme]

SATYALENCANA KSDDS 2012. Bapak RUDY SY, M.Pd  (Alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur angkatan 2012) satu dari dua wakil kabupaten Cianjur  telah menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela 100x Tahun 2012 dari Presiden RI yang dilaksanakan hari Jum'at, 14 Desember 2012 di Plenary Hall JCC Jakarta oleh Presiden RI Bapak H. Susilo Bambang Yudhoyono. Lebih dekat profilnya   :  [Lagi, Alumnus PBSI S2 Cianjur Raih Penghargaan Tingkat Nasional]