Kang Barkah : Alumnus PBSI S2 UNSUR Lanjutkan Studi di Program Doktoral

PDFCetakEmail

Profil - Prestasi

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Masih terasa hangat ingar bingar saat kuliah bersama kawan-kawannya di UNSUR Cianjur tempo hari, alumni PBSI S2 UNSUR tahun 2011 (nomor urut 4) yang bernama Barkah, S.Pd, M.Pd berkesempatan menimba ilmu lebih tinggi lagi.

Berdasarkan SK Rektor UPI Bandung No. 3665/UN40/DT/2012 tanggal 4 Juni 2012, tentang Penetapan Hasil Seleksi Masuk Calon Mahasiswa Doktor (S3), Kang Barkah (untuk keakraban bersama juniornya) dinyatakan lulus dalam Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Tentu ini kabar baik bagi yang bersangkutan, keluarga, instansi tempat bekerja, maupun civitas akademika PBSI S2 UNSUR.  Keberhasilan Kang Barkah dapat menjadi sumber inspirasi bagi rekannya dan para juniornya untuk tak lekas puas studi hingga program pascasarjana saja. Apalagi alumnus yang mengambil judul tesis "Kajian Struktur dan Kode dalam Sastra Lisan di Kecamatan Cidolog Kabupaten Sukabumi serta Pemanfaatannya untuk Pendidikan Karakter Bangsa" mendapat beasiswa studi dari Asosiasi Tradisi Lisan (ATL), lembaga memiliki reputasi di bidang penelitian bahasa dan sastra di panggung internasional.  Hal ini berarti pula bahwa kualitas lulusan PBSI S2 UNSUR selain diakui Dikti  (telah terakreditasi di Dikti), juga mendapat pengakuan lembaga sejawat yang berkiprah di bidang garapan sejenis.

Perawat Kesehatan

Usia Kang Barkah relatif muda. Ia dilahirkan di Sukabumi, 16 Agustus 1976. Sewaktu kecil, bercita-cita menjadi seorang pendidik (guru atau dosen).  Melalui kerja keras dan ketekunan belajar, cita-cita akhirnya dapat diwujudkan.

Kang Barkah menjalani profesi pertama kali bukanlah di lembaga pendidikan atau sekolah, tetapi  seorang Perawat Kesehatan. Ia bertugas  di salah satu rumah sakit di Kota Sukabumi.  Profesi tersebut ditekuni sejak tahun 1995-2009.

Kang Barkah pada akhirnya terjun ke dunia pendidikan di  tahun 2005. Ia mulai berkenalan dengan bidang bahasa dan sastra Indonesia saat kuliah di FKIP PBSI S1 UNINUS Bandung dan berhasil lulus dengan predikat Cum Laude. Tahun 2009 melanjutkan studi S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Suryakancana Cianjur lulus 2011 dengan predikat Cum Laude pula.

Menurut pengakuan Kang Barkah, kuliah di program pascasarjana PBSI S2 Cianjur memberi kekuatan untuk mencintai profesi di bidang pendidikan. "Di Universitas Suryakancana Cianjur inilah saya semakin memantapkan hati, pikiran, ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya serta teori-teori mutakhir sebagai bekal menjadi seorang pendidik yang professional, pendidik yang dirindukan oleh siswa, mahasiswa dan sejawat di mana pun tempat pengamalan ilmu itu," tuturnya dengan mantap.

Ia pun melanjutkan, "Para pengajar (dosen) di Pascasarjana Universitas Suryakancana Cianjur telah memberikan bimbingan, asuhan andagogik yang telaten sehingga memberikan keyakinan bahwa saya bisa menggapai cita-cita itu (menjadi pendidik yang dirindukan). Mereka semua berjasa dalam hidup saya. Ilmu pengetahuan yang telah mereka ajarkan dengan telaten dan ikhlas memberikan motivasi bagi saya untuk terus berikhtiar mencari ilmu dan mengamalkannya secara ikhlas dan penuh kejujuran," ungkapnya dengan penuh semangat.

Keinginan menjadi guru atau dosen, akhirnya terwujud. Kang Barkah bekerja di Dinas Pendidikan Bagian Kesiswaan Kota Sukabumi. Selain itu  ia sebagai Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi  dan Dosen STIKES Kota Sukabumi.    Kang Barkah aktif juga di bidang seni budaya.  Ia sebagai Pimpinan Padepokan Mandala Graha Budaya Ls. Reyya Kancana dan di Guyuni Bumi Sukabumi

Kang Barkah memetik buah dari kesabaran, ketekunan, dan keikhlasan dalam mengamalkan ilmu ini sehingga memberi kehidupan dialaminya semakin bermakna.  "Bukan hanya materi yang menjadi patokan, melainkan kenikmatan di saat mengajar, keyakinan dalam mengamalkan ilmu, serta antusiasme para siswa, mahasiswa, dan rekan sejawat dalam setiap interaksi akademik yang saya jalani saat ini," tuturnya mengenai pengalaman mengajar di kelas seraya mengakhiri perbincangannya.

Semoga berita baik Kang Barkah dapat memotivasi dan menginspirasi!

Nantikan kabar dari alumnus lainnya. (diposkan oleh : admindewa | pbsi s2)

 

 

 



 

PBSI S-2 Berprestasi 2013

Regu Gerak Jalan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S-2 UNSUR dinyatakan sebagai juara pertama dalam Lomba  Gerak Jalan Santai Dies Natalis Fakultas Teknik (FT) Universitas Suryakancana Cianjur hari Selasa, 4 Juni 2013. Sebagai juara pertama,  regu gerak jalan PBSI S-2 yang diperkuat oleh mahasiswa semester 2 yakni: Tri Puji Astuti, Teti Sumiati, Lisa Karmiasih, Nyi Heni, dan Sri Purwaningsih berhak membawa pulang hadiah utama sebesar Rp. 500.000,00 dan sertifikat.

Selamat kepada Bapak Dr. H. Kohar Pradesa, M. Pd (Guru SMAN 1 CIbadak, dosen filsafat ilmu di Program Magaister (S-2) PBSI dan FKIP UNSUR Cianjur, pengajar di STKIP PGRI Sukabumi)   menjadi juara ke-1 Guru PKn Berkonstitusi Tingkat Jawa Barat mewakili Jawa Barat untuk tingkat nasional bulan Agustus 2013 mendatang. Semoga di tingkat nasional juga diberikan  kelancaran dan kesuksesan.  .

Selamat dan sukses bagi Bapak H.U. Abdul Aziz, S.Pd, M.Pd (alumnus Prodi PBSI S-2/Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur/Dosen FKIP UNSUR) yang telah meraih penghargaan sebagai Juara I pada Lomba Pengawas TK/SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2013. Penghargaan diberikan oleh Bupati Cianjur dengan nomor: 002/3740/Disdik tertanggal 21 Mei 2013.   Semoga prestasi tersebut menjadi momentum meraih prestasi berikutnya dan menginspirasi semua.

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.1

ANUGRAH BUDAYA KOTA BANDUNG 2012. Bapak Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd  mendapat "Anugrah Budaya Kota Bandung Tahun 2012" bidang Kesusastraan dari Walikota Bandung, H. Dada Rosada. Penghargaan diberikan di Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung (Jum'at, 30/11)

Baca lebih lanjut Link Berita : [Prof. Dr. Iskandarwassid Raih Anugrah Budaya Kota Bandung 2012]

GURU BERPRESTASI 2012. Bapak Herman Hermawan, M.Pd  (alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur tahun 2011) menorehkan prestasi  sebagai  JUARA II Guru Berprestasi Tingkat kabupaten Sukabumi. Pemberian penghargaan diberikan bertepatan Hardiknas, 2 Mei 2012  di alun-alun Kabupaten, Palabuhanratu oleh Bupati Sukabumi, Drs. H. Sukmawijaya, M.Si.

Baca lebih lanjut  link berita : [Meraih Mimpi, Merajut Prestasi)

 

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.2

PENGAWAS SEKOLAH  MENENGAH BERPRESTASI 2012. Bapak Drs. Sualeman Zuchdi, M.Pd (alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur tahun 2010)  meraih  prestasi sebagai Peringkat III  Pemilihan Pengawas Sekolah Menengah Berprestasi Tingkat Nasional 2012.Pemberian hadiah diberikan oleh Mendiknas, Bapak Moh. Nuh di Jakarta, 10 September 2012. Semoga dedikasi, kerja keras dan pengabdian di bidang pendidikan dapat menjadi motivasi secara pribadi maupun yang lain.

SAYEMBARA NASKAH BUKU 2012. Ibu Ihat Solihat, M.Pd  dan Ibu Erie Syarif, M.Pd  (dua alumnus PBSI s2 UNSUR tahun 2012 dan 2011) meraih  Pemenang I dan III dalam Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Pusat Kurikukum dan Perbukuan Badan Litbang Kemendikbud RI Tahun 2012.  Pemberian hadiah diberikan oleh Wakil Mendikbud RI di Hotel Aryaduta, Jl Prapatan/Tugu Tani 44-48 Jakarta, 5 November 2012. Link Beritanya : Dua alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur Juarai Sayembara Naskah Buku Pengayaan 2012

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.3

YUSIDIUM  PBSI S2 TERTINGGI WISUDA 2012

Bapak Yudi Budiman, M.Pd (alumnus 2012) dan Ibu Khaerunisa, S.Pd, M.Pd tercatat sebagai wisudawan Prodi PBSI S2 dengan Yusidium tertinggi 3,78 (Cum Lade).  Acara wisuda tahun 2012 dilangsungkan  di Hotel Palace, Cipanas, Rabu (10/10) dihadiri oleh Rektor UNSUR, dan segenap undangan.  Baca lebih lanjut profilnya : [Mengolah Pesimisme Menjadi Optimisme]

SATYALENCANA KSDDS 2012. Bapak RUDY SY, M.Pd  (Alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur angkatan 2012) satu dari dua wakil kabupaten Cianjur  telah menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela 100x Tahun 2012 dari Presiden RI yang dilaksanakan hari Jum'at, 14 Desember 2012 di Plenary Hall JCC Jakarta oleh Presiden RI Bapak H. Susilo Bambang Yudhoyono. Lebih dekat profilnya   :  [Lagi, Alumnus PBSI S2 Cianjur Raih Penghargaan Tingkat Nasional]