Drs. Sulaeman Zuchdi, M.Pd, alumnus PBSI S2 UNSUR Berprestasi di Tingkat Nasional

PDFCetakEmail

Profil - Prestasi


Drs. Sulaeman Zuchdi, M.Pd, alumnus PBSI S2 Tahun 2010 mendapat penghargaan dari Mendikbud, Moh. Nuh di Jakarta (Foto: Sulaeman Zuchdi/PBSI S2)


Satu dari lima orang guru asal Jawa Barat yang mengukir  prestasi sebagai pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional tahun  2012 di Jakarta lalu  adalah alumnus PBSI S2 Universitas Suryakancana Cianjur.   Dia bernama Drs. Sulaeman Zuchdi, S.Pd, M.Pd. Kang Zuchdi (kita sapa untuk mengakrabkan dengan para juniornya di ruang alumni ini-red) berhasil meraih peringkat ketiga Pengawas Sekolah Menengah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2012.  Pemberian hadiah dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Mohammad Nuh di Jakarta, pertengahan tahun yl.

Propinsi Jawa Barat sebenarnya mengirimkan  18 guru untuk 18 kategori yang dilombakan. Namun dari jumlah itu, hanya lima guru yang mampu meraih prestasi di tingkat nasional. Kelima guru asal Jawa Barat selain Kang Zuchdi  adalah Iis Sumyati Shalihat, S.Pd.I., M.Pd .(guru Taman Kanak-kanak Darul Hikam Bandung) terpilih sebagai guru TK berprestasi tingkat nasional, Ade Sabarudin, S.Pd. (guru Sekolah Dasar Pertiwi Kota Bandung) juara II nasional pemilihan guru SD berprestasi, Drs. Ejon Sujana, M.Pd. (guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Cimahi) juara I pemilihan guru SMK berprestasi tingkat nasional, Euis Andriani, M.Pd. (tutor paket C PKBM Edukasi Kab. Sukabumi) juara II pemilihan tutor paket C berprestasi tingkat nasional.

Prestasi di atas bagi provinsi Jawa Barat lebih baik dari tahun sebelumnya, seperti diungkapkan Kepala Balai Pelatihan dan Pendidikan Guru Dinas Pendidikan Jabar, Drs. Asep Suhanggan di Bandung saat itu,  “Tahun ini, para guru kita berhasil merebut dua medali emas, dua perak, dan satu perunggu. Sementara tahun lalu, hanya mampu meraih dua emas dan satu perak,” ungkap Asep Suhanggan, Kamis (20/9).

Kang Zuchdi berdinas di SMKN 1 Cilaku Cianjur adalah alumnus PBSI S2 Cianjur Tahun 2010 nomor urut 10.  Sebelumnya memiliki kualifikasi Teknik Sipil/Bangunan/Arsitektur ini,  lulus dari PBSI S2 UNSUR dengan mengambil judul tesis  "Efektivitas Penggunaan Teknik 5W+1H dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Feature oleh Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku Cianjur".  Prestasi diraih Kang Zuchdi memberikan angin segar bagi dunia pendidikan di Jawa Barat, dan meningkatkan citra dunia pendidikan di kabupaten Cianjur.  Sebelumnya, Kang Zuchdi  lolos dari seleksi di tingkat kabupaten Cianjur dan propinsi, hingga diberi mandat  ke seleksi tingkat nasional.  Kini  Kang Zuchdi  tinggal Jl. Balakdar No. 10 RT 03/12 Ds. Sirnagalih Kec. Cilaku Kab. Cianjur.

“Mereka sempat menerima penghargaan dari Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dan dijanjikan akan diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti pelatihan singkat di sana,” ujar Asep Suhangga seperti dikutip situs korantransaksi.com. Sedangkan penghargaan yang diterima untuk tingkat nasional, Asep mengaku tidak tahu apakah mereka mendapat uang pembinaan atau hadiah berbentuk lain. Namun Asep berjanji, prestasi kelima guru asal Jabar ini akan dilaporkan ke Gubernur Jabar.

Kang Zuchdi telah memberi inspirasi, spirit, dan makna bagi dunia pendidikan. Di kalangan alumnus PBSI S2 Universitas Suryakancana Cianjur, alumnus kelahiran Cianjur, 1 Desember 1959 ini  telah menambah daftar panjang, civitas akademika cianjur alumnus PBSI S2 UNSUR Berprestasi tahun 2012 (klik sini). Meskipun kabar ini agak terlambat masuk redaksi, namun spirit yang diembuskan oleh prestasi Kang Zuchdi  secara efektif  diharapkan dapat membangun atmosfer dunia pendidikan di tingkat daerah maupujn nasional semakin kondusif, inspiratif dan kompetitif.  ***

diposkan oleh:


admindewa | pbsi s2

 

PBSI S-2 Berprestasi 2013

Regu Gerak Jalan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S-2 UNSUR dinyatakan sebagai juara pertama dalam Lomba  Gerak Jalan Santai Dies Natalis Fakultas Teknik (FT) Universitas Suryakancana Cianjur hari Selasa, 4 Juni 2013. Sebagai juara pertama,  regu gerak jalan PBSI S-2 yang diperkuat oleh mahasiswa semester 2 yakni: Tri Puji Astuti, Teti Sumiati, Lisa Karmiasih, Nyi Heni, dan Sri Purwaningsih berhak membawa pulang hadiah utama sebesar Rp. 500.000,00 dan sertifikat.

Selamat kepada Bapak Dr. H. Kohar Pradesa, M. Pd (Guru SMAN 1 CIbadak, dosen filsafat ilmu di Program Magaister (S-2) PBSI dan FKIP UNSUR Cianjur, pengajar di STKIP PGRI Sukabumi)   menjadi juara ke-1 Guru PKn Berkonstitusi Tingkat Jawa Barat mewakili Jawa Barat untuk tingkat nasional bulan Agustus 2013 mendatang. Semoga di tingkat nasional juga diberikan  kelancaran dan kesuksesan.  .

Selamat dan sukses bagi Bapak H.U. Abdul Aziz, S.Pd, M.Pd (alumnus Prodi PBSI S-2/Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur/Dosen FKIP UNSUR) yang telah meraih penghargaan sebagai Juara I pada Lomba Pengawas TK/SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2013. Penghargaan diberikan oleh Bupati Cianjur dengan nomor: 002/3740/Disdik tertanggal 21 Mei 2013.   Semoga prestasi tersebut menjadi momentum meraih prestasi berikutnya dan menginspirasi semua.

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.1

ANUGRAH BUDAYA KOTA BANDUNG 2012. Bapak Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd  mendapat "Anugrah Budaya Kota Bandung Tahun 2012" bidang Kesusastraan dari Walikota Bandung, H. Dada Rosada. Penghargaan diberikan di Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung (Jum'at, 30/11)

Baca lebih lanjut Link Berita : [Prof. Dr. Iskandarwassid Raih Anugrah Budaya Kota Bandung 2012]

GURU BERPRESTASI 2012. Bapak Herman Hermawan, M.Pd  (alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur tahun 2011) menorehkan prestasi  sebagai  JUARA II Guru Berprestasi Tingkat kabupaten Sukabumi. Pemberian penghargaan diberikan bertepatan Hardiknas, 2 Mei 2012  di alun-alun Kabupaten, Palabuhanratu oleh Bupati Sukabumi, Drs. H. Sukmawijaya, M.Si.

Baca lebih lanjut  link berita : [Meraih Mimpi, Merajut Prestasi)

 

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.2

PENGAWAS SEKOLAH  MENENGAH BERPRESTASI 2012. Bapak Drs. Sualeman Zuchdi, M.Pd (alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur tahun 2010)  meraih  prestasi sebagai Peringkat III  Pemilihan Pengawas Sekolah Menengah Berprestasi Tingkat Nasional 2012.Pemberian hadiah diberikan oleh Mendiknas, Bapak Moh. Nuh di Jakarta, 10 September 2012. Semoga dedikasi, kerja keras dan pengabdian di bidang pendidikan dapat menjadi motivasi secara pribadi maupun yang lain.

SAYEMBARA NASKAH BUKU 2012. Ibu Ihat Solihat, M.Pd  dan Ibu Erie Syarif, M.Pd  (dua alumnus PBSI s2 UNSUR tahun 2012 dan 2011) meraih  Pemenang I dan III dalam Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Pusat Kurikukum dan Perbukuan Badan Litbang Kemendikbud RI Tahun 2012.  Pemberian hadiah diberikan oleh Wakil Mendikbud RI di Hotel Aryaduta, Jl Prapatan/Tugu Tani 44-48 Jakarta, 5 November 2012. Link Beritanya : Dua alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur Juarai Sayembara Naskah Buku Pengayaan 2012

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.3

YUSIDIUM  PBSI S2 TERTINGGI WISUDA 2012

Bapak Yudi Budiman, M.Pd (alumnus 2012) dan Ibu Khaerunisa, S.Pd, M.Pd tercatat sebagai wisudawan Prodi PBSI S2 dengan Yusidium tertinggi 3,78 (Cum Lade).  Acara wisuda tahun 2012 dilangsungkan  di Hotel Palace, Cipanas, Rabu (10/10) dihadiri oleh Rektor UNSUR, dan segenap undangan.  Baca lebih lanjut profilnya : [Mengolah Pesimisme Menjadi Optimisme]

SATYALENCANA KSDDS 2012. Bapak RUDY SY, M.Pd  (Alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur angkatan 2012) satu dari dua wakil kabupaten Cianjur  telah menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela 100x Tahun 2012 dari Presiden RI yang dilaksanakan hari Jum'at, 14 Desember 2012 di Plenary Hall JCC Jakarta oleh Presiden RI Bapak H. Susilo Bambang Yudhoyono. Lebih dekat profilnya   :  [Lagi, Alumnus PBSI S2 Cianjur Raih Penghargaan Tingkat Nasional]