Erie Syarif, M.Pd: Juara Menulis Naskah Buku Tingkat Nasional yang Hobi Melukis

PDFCetakEmail

Profil - Prestasi

Ibu Erie Syarif (dua dari kanan saat prosesi pengukuhan pemenang sayembara di Hotel Aryaduta, Jakarta (5/7/2012)

Profil ruang alumni PBSI S2 Universitas Suryakancana Cianjur kali ini adalah Ibu Erie Syarif, S.Pd., M.Pd.  Ibu Erie salah seorang almunis  PBSI S2 UNSUR tahun 2011.  Penulis berkesempatan berbincang lebih jauh tentang kiprah dijalaninya selepas dua tahun meninggalkan Kampus di Pasir Gede Cianjur tersebut.

Ibu Erie kini bertugas sebagai guru di  SMPN 4 Cianjur di bawah pimpinan Bapak  H.M Mulyanto, S.Pd., MM sebagai Kepala sekolahnya.  Alamat tempat Ibu Erie mengajar di Jl. Adi Sucipta No. 2 Cianjur.

Tahun 2012 menjadi momentum membahagiakan bagi Ibu Erie. Ibu Erie termasuk satu dari 53 peserta sayembara yang dihubungi Panitia sekaligus diundang untuk mengikuti prosesi dan pengukuhan Pemenang Sayembara Naskah Buku Pengayaan Tahun 2012 yang diselenggarakan Pusat Kurikulum dan Perbukuan – Balitbang Kemendikbud RI di Jakarta.  Bagaimana kisah seputar menulis naskah sayembara, inilah pengalamannya disajikan di bawah ini mudah-mudahan memberi motivasi dan inspirasi positif bagi pembaca.

Pengalaman sebagai peserta sayembara
Awalnya Ibu Erie mendapat informasi tentang adanya sayembara Menulis Naskah Buku Pengayaan Puskurbuk dari rekannya bernama  Ibu Ruliani Indraswati yang tahun 2010 menjadi juara.  Rekannya terus memotivasi bahwa Ibu Erie yakin bisa.  Ibu Erie pun selalu mencari informasi sayembara agar tidak ketinggalan. Pamflet online yang ditayangkan di internet tahun lalu, telah mengantarkan Ibu Erie menjadi peserta sekaligus salah satu pemenang tahun 2012.

Ibu Erie pun berusaha keras untuk membuat naskah buku yang dilombakan agar tidak terlambat.  Pertama kali cukup berat, terutama mencari ide yang tajam dan kuat. Kedua, harus melakukan lembur maklum minimal isi buku harus mencapai 60-75  halaman.  Naskah Buku “Wariskan Mata Air Bukan Air Mata” pun selesai. Ia harus mengeposkan ke Panitia Sayembara di Jakarta.  Ini kali ketiga  Ibu Erie ikut sayembara ini.  Sebelumnya, hanya sebatas sebagai peserta sayembara. Di tahun 2012 bersama Ibu Ihat Solihat (alumnus PBSI UNSUR 2012), Ibu Erie menjadi pemenang dalam kategori yang sama, yakni  matematika dan pengayaan pengetahuan  alam SD/MI.

Kekuatan yang menjadi daya tarik naskah buku Ibu Erie adalah terletak pada ketajaman mengupas substansi naskah buku dan orisinalitas karyanya. Materi air disajikan secara naratif sehingga isinya sangat menggoda dewan juri untuk penasaran membaca lebih lanjut. Saat wawancara dengan juri, juri memberikan sedikit gambaran  tentang kekurangannya sehingga menempati peringkat ketiga yakni ada kesalahan dalam penulisan nama latin dan pencantuman kutipan. Seharusnya untuk segmen pembaca jenjang SD tidak perlu disebutkan nama ahlinya,  Satu poin tambahan lagi yang harus diperhatikan untuk penulisan selanjutnya.

Selama di Jakarta, seluruh peserta diberi pengalaman dan wawasan seperti:  mengikuti workshop kepenulisan, mengunjugi percetakan, bertemu dengan Wakil Menteri Pendidikan Nasional, dan rekreasi ke Keong Mas TMII Jakarta.

Selain difasilitasi segala akomodasi mulai tiket transportasi, akomodasi menginap di hotel, dan uang saku, seluruh pemenang berhak mendapat hadiah sayembara jutaan rupiah yang cukup memotivasi sebagai buah kerja keras dalam mengungkapkan pikirannya ke dalam naskah buku sebagai naskah pengayaan bagi peserta didik di tanah air.

 

Ibu Erie (tengah) bersama rekan guru SMPN 4 Cianjur saat Gerak Jalan HGN 2011

tentang UNSUR dan Menulis

Riwayat pendidikan  isteri dari Bapak Drs. Asep Saepuloh ini dimulai di SDN Ibu Jenab I  (1978 – 1984), SMPN 1 Cianjur  (1984 – 1987)  dan SPGN Cianjur  (1987 – 1990).  Tahun 1990, Ibu Erie kuliah di  STKIP Suryakancana Cianjur dan lulus tahun 1995.  Pengalaman mengajarnya pertama kali, 2 Februari 1997 di   SMPN 3 Pagelaran Cianjur  hingga  30 Desember 2000. Sejak 1 Desember 2000 mutasi ke  SMPN 4 Cianjur  hingga sekarang.  Sejak Desember 2012, Ibu Erie menyambi sebagai Dosen UNSUB dan Pelita Bangsa.

Saat ditanya tentang kesan dan pesannya kuliah di UNSUR, ibu dari 6 putra, yakni Asri Saepul Putri,  Laelani Nurqodariah SP (keduanya di SMAN 1 Cianjur), Dei Gratia SP (SMPN 4 Cianjur), M. Rizky SP, M. Ari Muharam SP, (keduanya di SDN Lembur Tengah I Cianjur) dan M. Fahri Akbar SP merasa beruntung bisa kuliah di magister UNSUR Cianjur.

“Saya sangat beruntung bisa kuliah di PBSI  S-2 UNSUR karena tenaga pengajarnya profesional.  Ilmu yang didapat di perkuliahan dapat meningkatkan kinerja sebagai guru profesional dan alhamdulillah mendapat kesempatan berbagi ilmu dengan mengajar mahasiswa  UNSUB dan Pelita Bangsa,” ungkapnya kepada penulis.

Perihal dunia menulis, Ibu Erie mendapat dukungan penuh sang suami. Pengalaman menulis cukup membahagiakan dengan pernah dimuat di  Surat Kabar Cianjur Ekspress dan Majalah Nadi LPMP Jawa Barat.  Ibu Erie memaparkan bahwa sewaktu masih bersekolah,  ibunya tak henti-henti selalu memotivasi untuk menulis meskipun dirinya tidak suka menulis saat itu. Dulu  hobi digemari dirinya adalah  melukis. Tetapi dengan ketelatenan dan kesungguhan, dunia menulis kini telah menjadi kegemarannya di sela-sela tugas mengajar.

Tentang menulis pula, Ibu Erie mengisahkan bahwa menulis itu tidak hanya berbagi ilmu tetapi juga melatih ketajaman berpikir.  Alumnus yang tinggal Jl KH Hasyim Asyari Solokpandan Cianjur 43214  selalu teringat perkataan salah seorang dosen STKIP Suryakancana (UNSUR) saat  kuliah S-1 bahwa, “Tulisan seseorang adalah cerminan cara berpikirnya. Karena itulah, menulislah agar pikiran kita teratur sehingga kesuksesan dapat kita raih....”.

Ibu Erie telah menambah daftar panjang alumnus PBSI S2 Berprestasi di tahun 2012.  Ia telah meraih buah kerja kerasnya.  Karena itu, ia berharap untuk rekan sejawat maupun yuniornya di PBSI S2 untuk mau meluangkan waktu dengan kegiatan menulis.

“Marilah kita menulis. Bagaimana kita bisa menulis? Jawabannya: mulailah menulis …,” katanya memberi tips agar kita bersemangat untuk menulis.  Ayo, siapa mau menyusul Ibu Erie ke Jakarta lagi? ****

 

diposkan oleh:

dadanwahyudin | pbsi s2

 

 

PBSI S-2 Berprestasi 2013

Regu Gerak Jalan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S-2 UNSUR dinyatakan sebagai juara pertama dalam Lomba  Gerak Jalan Santai Dies Natalis Fakultas Teknik (FT) Universitas Suryakancana Cianjur hari Selasa, 4 Juni 2013. Sebagai juara pertama,  regu gerak jalan PBSI S-2 yang diperkuat oleh mahasiswa semester 2 yakni: Tri Puji Astuti, Teti Sumiati, Lisa Karmiasih, Nyi Heni, dan Sri Purwaningsih berhak membawa pulang hadiah utama sebesar Rp. 500.000,00 dan sertifikat.

Selamat kepada Bapak Dr. H. Kohar Pradesa, M. Pd (Guru SMAN 1 CIbadak, dosen filsafat ilmu di Program Magaister (S-2) PBSI dan FKIP UNSUR Cianjur, pengajar di STKIP PGRI Sukabumi)   menjadi juara ke-1 Guru PKn Berkonstitusi Tingkat Jawa Barat mewakili Jawa Barat untuk tingkat nasional bulan Agustus 2013 mendatang. Semoga di tingkat nasional juga diberikan  kelancaran dan kesuksesan.  .

Selamat dan sukses bagi Bapak H.U. Abdul Aziz, S.Pd, M.Pd (alumnus Prodi PBSI S-2/Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur/Dosen FKIP UNSUR) yang telah meraih penghargaan sebagai Juara I pada Lomba Pengawas TK/SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2013. Penghargaan diberikan oleh Bupati Cianjur dengan nomor: 002/3740/Disdik tertanggal 21 Mei 2013.   Semoga prestasi tersebut menjadi momentum meraih prestasi berikutnya dan menginspirasi semua.

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.1

ANUGRAH BUDAYA KOTA BANDUNG 2012. Bapak Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd  mendapat "Anugrah Budaya Kota Bandung Tahun 2012" bidang Kesusastraan dari Walikota Bandung, H. Dada Rosada. Penghargaan diberikan di Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung (Jum'at, 30/11)

Baca lebih lanjut Link Berita : [Prof. Dr. Iskandarwassid Raih Anugrah Budaya Kota Bandung 2012]

GURU BERPRESTASI 2012. Bapak Herman Hermawan, M.Pd  (alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur tahun 2011) menorehkan prestasi  sebagai  JUARA II Guru Berprestasi Tingkat kabupaten Sukabumi. Pemberian penghargaan diberikan bertepatan Hardiknas, 2 Mei 2012  di alun-alun Kabupaten, Palabuhanratu oleh Bupati Sukabumi, Drs. H. Sukmawijaya, M.Si.

Baca lebih lanjut  link berita : [Meraih Mimpi, Merajut Prestasi)

 

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.2

PENGAWAS SEKOLAH  MENENGAH BERPRESTASI 2012. Bapak Drs. Sualeman Zuchdi, M.Pd (alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur tahun 2010)  meraih  prestasi sebagai Peringkat III  Pemilihan Pengawas Sekolah Menengah Berprestasi Tingkat Nasional 2012.Pemberian hadiah diberikan oleh Mendiknas, Bapak Moh. Nuh di Jakarta, 10 September 2012. Semoga dedikasi, kerja keras dan pengabdian di bidang pendidikan dapat menjadi motivasi secara pribadi maupun yang lain.

SAYEMBARA NASKAH BUKU 2012. Ibu Ihat Solihat, M.Pd  dan Ibu Erie Syarif, M.Pd  (dua alumnus PBSI s2 UNSUR tahun 2012 dan 2011) meraih  Pemenang I dan III dalam Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Pusat Kurikukum dan Perbukuan Badan Litbang Kemendikbud RI Tahun 2012.  Pemberian hadiah diberikan oleh Wakil Mendikbud RI di Hotel Aryaduta, Jl Prapatan/Tugu Tani 44-48 Jakarta, 5 November 2012. Link Beritanya : Dua alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur Juarai Sayembara Naskah Buku Pengayaan 2012

 

PBSI S-2 Berprestasi 2012.3

YUSIDIUM  PBSI S2 TERTINGGI WISUDA 2012

Bapak Yudi Budiman, M.Pd (alumnus 2012) dan Ibu Khaerunisa, S.Pd, M.Pd tercatat sebagai wisudawan Prodi PBSI S2 dengan Yusidium tertinggi 3,78 (Cum Lade).  Acara wisuda tahun 2012 dilangsungkan  di Hotel Palace, Cipanas, Rabu (10/10) dihadiri oleh Rektor UNSUR, dan segenap undangan.  Baca lebih lanjut profilnya : [Mengolah Pesimisme Menjadi Optimisme]

SATYALENCANA KSDDS 2012. Bapak RUDY SY, M.Pd  (Alumnus PBSI S2 UNSUR Cianjur angkatan 2012) satu dari dua wakil kabupaten Cianjur  telah menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela 100x Tahun 2012 dari Presiden RI yang dilaksanakan hari Jum'at, 14 Desember 2012 di Plenary Hall JCC Jakarta oleh Presiden RI Bapak H. Susilo Bambang Yudhoyono. Lebih dekat profilnya   :  [Lagi, Alumnus PBSI S2 Cianjur Raih Penghargaan Tingkat Nasional]