Tiga Dosen Unsur Ikuti Musyawarah dan Seminar AJPBSI

PDFCetakEmail

Publikasi - berita pendidikan

Tiga dosen Universitas Suryakancana dari Program Studi  PBSI FKIP dan Program Magister PBSI S-2 Univesritas Suryakancana bertolak ke UNS Surakarta.  Mereka diundang dalam Musyawarah dan Seminar Nasional yang diadakan Asosiasi Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (AJPBSI) tanggal   24-25 Oktober 2014. Mereka yang berangkat adalah Dr. H. Iyep Candra Hermawan, M.Pd (Direktur Program Pascasarjana), Aan Hasanah, M.Pd (Sekretaris Prodi PBSI S-2) dan Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd (Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia/FKIP).

Seminar di kota Solo ini bertema “Peran Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya dalam Rangka Menyongsong Indonesia Emas” diikuti oleh dosen di lingkungan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia se-Tanah Air. Selain itu,  ikut serta  merumuskan Learning Outcome Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bersama para Asesor Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dalam Musyawarah ini ditetapkan perubahan nama dari Asosiasi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (AJPBSI) menjadi Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Aprobsi).  Selain itu, Pembentukan Forum Komunikasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di lingkungan S-2 dan S-3.

Pada seminar nasional, menampilkan keynote Speaker (Pembicara kunci) Dr. Illah Sailah, M.S. (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti). Selain itu menghadiirkan pula pembicara utama yakni Prof. Dr, Sarwiji Suwandi, M.Pd (UNS), Dr. Endry Boeriswati, M.Pd (UNJ),  Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum (Unesa), Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd (Universitas Negeri Medan) dan Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd (Universitas Negeri Malang).

Seminar hari pertama berlangsung di Aula Pascaarjana UNS Surakarta dan malam harinya kegiatan berlangsung di Kusuma Sahid Prince Hotel Surakarta Jl. Sugiyopranoto No. 20 Surakarta.  (DW)