Prodi PBSI S1 FKIP UNSUR Lakukan Studi Banding ke Universitas Negeri Yogyakarta

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Rombongan dosen PBSI FKIP UNSUR Cianjur mendapatkan pemaparan informasi tentang prodi PBSI-FBS UNY (7/2)

Untuk menimba pengalaman  dan memperluas wawasan di bidang kurikulum dan publikasi ilmiah, sebanyak 8 dosen dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Suryakancana Cianjur mengadakan studi banding ke  Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) hari Kamis, 7/2/2013 yang lalu.  Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra  Indonesia (PBSI) – FBS UNY merupakan prodi  telah terakreditasi A oleh BAN dan satu dari prodi  yang telah lama berdiri dalam memberi sumbangsih mencetak insan guru bahasa dan sastra Indonesia di kawasan DI Yogyakarya  khususnya dan Indonesia umumnya.

Rombongan yang berangkat ke kota gudeg ini  terdiri : 1. Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd. 2. Dr. Sri Mulyanti, M.Pd. 3. Drs. Daud Pamungkas, M.Pd. 4. H.A.M. Suganda, S.Pd., S.IP, M.Pd. 5. Yayan Widayanti, S.Pd., M.Pd. 6. Sukaesih, S.Pd., M.Pd. 7. Drs. Dedi Rosadi, M.Pd. 8. Drs. Erwin Rusmana, M.Pd

Publikasi ilmiah

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) – FBS UNY merupakan  satu program studi dimiliki oleh universitas eks IKIP Yogyakarta. Kampus ini berdiri dan  diresmikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu pengetahuan (PTIP) pada tanggal 21 Mei 1964.   Prodi berlokasi kompleks Jalan Colombo Yogyakarta  ini   mengantungi  akreditasi A oleh BAN.  Berdasarkan Surat Keputusan BAN PT Nomor 017 tahun 2012, tertanggal 29 Juni 2012, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNY meraih peringkat A dalam proses akreditasi tahun 2012. Peringkat akreditasi tersebut berlaku selama lima tahun, sejak 29 Juni 2012 sampai dengan 29 Juni 2017.

Rombongan  Dosen PBSI FKIP UNSUR Cianjur dengan latar Gedung Rektorat UNY

Jumlah dosen PBSI – FBS UNY Tahun Akademik 2012/2013 sekitar 36 orang yang terdiri dari dosen mata kuliah bahasa atau linguistik, sastra, dan pembelajaran. Berdasarkan data kepegawaian, Prodi PBSI merupakan prodi dengan jumlah guru besar terbanyak se-UNY (link sini), yakni sejumlah sebelas  orang. Di samping itu, tujuh orang dosen bergelar doktor saat ini dua orang dosen sedang menunggu jadwal ujian disertasi, tiga orang dosen sedang menempuh S-3, dan selebihnya bergelar Magister (S-2).

Pengembangan SDM dosen, dipacu untuk melanjutkan pendidikan lagi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (terutama S-3) baik ke PT yang ada di dalam negeri sendiri maupun luar negeri. Dalam hal ini, disebar ke berbagai perguruan tinggi sesuai dengan keilmuannya masing-masing. Selain dari tugas mengajar, beberapa dosen PBSI –FBS UNY dikenal sebagai penyair, penulis buku, dan budayawan.

Dari catatan salah seorang peserta studi banding,  disebutkan bahwa  dalam rangka pengembangan publikasi ilmiah,  Dosen PBSI – FBS UNY dipacu untuk menulis berbagai karya sastra dan buku-buku atau bahan ajar baik untuk keperluan lingkungan sendiri maupun untuk umum. Hal itu dilakukan  dengan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi lain juga  Pusat Perbukuan (pusbuk) Kementrian Pendidikan Nasional, Jakarta. Untuk merangsang atmosfer ini, pihak Fakultas dan universitas menyediakan sokongan dana yang memadai dalam  membiayai pengembangan ilmiah ini, karena jurnal ilmiah merupakan "harga diri" perguruan tinggi.

Program Studi PBSI - FBS UNY menyediakan berbagai fasilitas dan sumber dana untuk pengembangan publikasi ilmiah.  Hal ini direspon dengan  adanya media dan sarana  untuk mengembangkan karya tulis  ilmiah, seperti  majalah, bulletin, dan jurnal.  Pihak  fakultas dan jurusan memacu dosen dan mahasiswa untuk aktif menuangkan gagasan dan penelitiannya  baik  tulisan ilmiah maupun karya sastra dan budaya. Begitupula mahasiswa S-1 dan S-2 yang telah merampungkan penelitian dan ujian sidang, hasil penelitian mereka berupa skripsi dan tesis, dibuat artikel jurnalnya untuk dipublikasikan melalui media jurnal. Studi banding sangat penting untuk menyikapi dinamika kehidupan kampus cepat berubah, seperti pengelolaan kegiatan akademik,   termasuk publikasi jurnal ilmiah.  ***

diposkan  admin pbsi s2 | 18 02 2013