Jurnal Alinea Prodi PBSI FKIP Menginjak Tahun Kedua

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

ALINEA: Jurnal bahasa, sastra, dan pengajarannya Volume II Nomor 3 Edisi April 2013 kembali hadir ke hadapan pembaca.  Jurnal diterbitkan Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyajikan beberapa hasil penelitian, baik penelitian dasar maupun terapan disajikan pada nomor ini. Pada terbitan kali ini, penelitian terapan dilakukan di tingkat dasar dan menengah.  Tidak seperti biasanya, siswa  berkebutuhan khusus disleksia  di  salah satu sekolah dasar inklusi mendapat perhatian dari salah seorang penulis.  Teknik Multisensori digunakan bagi peningkatan keterampilan membaca bagi siswa berkebutuhan khusus tersebut ditulis oleh Agus Supriatna dari instansi PPPPTK TK dan SD Bandung.

Di samping tulisan di atas, terdapat pula  tulisan yang mengkaji karya sastra, khususnya puisi dan cerpen. Karya tersebut memungkinkan pembaca untuk memahami hubungan antara minat belajar dan kecerdasan emosi dengan kemampuan mengapresiasi puisi oleh Yanti Handayanti dari SDN Cikancana I Gekbrong Cianjur.  Analisis Sintagmatik dan Paradigmatik ditulis Neneng Maelasari  dari Universitas Bale Bandung. Selain itu, cara menemukan makna dalam puisi oleh Muhamad Akhrom. Demikian pula dengan dianalisisnya cerpen secara sintagmatik dan paradigmatik. Kedua kajian itu semoga semakin mengukuhkan manfaat berkreasi bagi pengembangan karakter.

Dua tulisan berbahasa Inggris, yakni using jigsaw picture reading  to teach children’s literature to young learners  dan children’s implicit meaning from the view of gricean’s cooperative principles (maxim) turut memberikan variasi kehadiran jurnal nomor ini.

"Semoga upaya eksplorasi ini berkonstribusi bagi peningkatan sumber daya manusia di negeri ini. Alhamdulillah, jurnal ber-ISSN 2301-6345 edisi ini terbit tepat waktu," ungkap Sekretaris Penyunting, Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd kepada admin.

Baca lengkap Jurnal ALINEA Volume II Nomor 3 Edisi April-Oktober 2013 ------>