Jurnal Kependidikan Volume XIV No. 21 - Periode Juli - Desember 2013 Terbit

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Jurnal Kependidikan volume XIV No. 21 Periode Juli-Desember 2013 kembali terbit dengan memuat delapan artikel hasil penelitian.  Jurnal diterbitkan FKIP Universitas Suryakancana ini merupakan hasil telaah dan penelitian pada pembelajaran Matematika, Pendidikan Pancasila, Olah Raga, Bahasa Indonesia, maupun bidang studi lainnya. Berikut petikan Redaksi Jurnal Kependidikan dalam pengantarnya.

Beberapa artikel mengenai pembelajaran matematika ada dalam terbitan ini, salah satunya, artikel yang menyajikan upaya uji coba  Model Pembelajaran CORE, yakni model pembelajaran yang mencakup empat proses yaitu (1) Connecting, (2) Organizing, (3) Reflecting, dan (4) Extending. Hasilnya, model pembelajaran CORE dengan pendekatan metakognitif mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep matematika  siswa SMP. Pada tingkat mahasiswa pun kesulitan belajar banyak terjadi, di antaranya kemampuan koneksi matematis. Ada tiga penyebab utama kesulitan terjadinya hal tersebut, yaitu ide awal, pengetahuan prasyarat dan pemahaman konsep integral yang masih kurang. Selain itu, masih terjadi kesalahan secara prosedural dalam mengerjakan soal. Oleh karena itu, mahasiswa perlu diingatkan kembali tentang pengetahuan prasyarat.

Selain  bahasan yang berkenaan dengan siswa dan mahasiswa sebagai peserta didik, disajikan pula penelitian terhadap guru.  Model  “Bluskom” merupakan teknis supervisi klinis dalam penelitian tindakan sekolah.  Keunggulan model ini dapat (a) mengaktifkan warga sekolah dalam bekerja, (b) melatih kedisiplinan guru dalam bekerja, (c) membangkitkakreativitas guru dalam pembelajaran (d) menciptakan sense of urgency, semua warga sekolah terpacu untuk menyelesaikan masalah karena terdorong oleh kesadaran, bersungguh-sungguh, cepat, dan cerdas, dan (e) terciptanya hubungan yang akrab dan harmonis antara warga sekolah dengan supervisor/pengawas.

Itulah gambaran sekilas tentang bahasan pada volume ini. Harapan ke depannya, tentu lebih banyak lagi artikel hasil penelitian yang dapat disajikan di jurnal ini. Semoga. (REDAKSI)

Lihat Abstrak Jurnal Kependidkan XIV No. 21 Juli-Desember 2013