Jurnal Alinea III Nomor 5 April 2014

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Jurnal Alinea Volume III Nomor 5 Edisi April 2014 terasa istimewa. Beberapa artikel karya mahasiswa turut diketengahkan kepada para pembacanya. Artikel-artikel itu diambil dari laporan hasil penyuluhan bahasa dan ada pula hasil penelitian yang bertalian dengan tugas akhir. Tulisan itu di antaranya berkenaan dengan penelitian tentang kemampuan dan penggunaan kosakata bahasa Indonesia dan serapan pada tuturan siswa. Metode yang digunakan metode deskriptif bersifat kualitatif analisis. Sumber data berupa transkripsi tuturan siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa kelas XI MAN Pacet Cianjur. Kosakata serapan berasal dari bahasa Arab, bahasa Belanda, bahasa Inggris, bahasa Sanskerta, dan bahasa daerah Jawa.

 

Artikel lainnya menyangkut Kurikulum 2013. Bahasan meliputi pendekatan saintifik, penilaian autentik, serta pola pembelajaran berpusat pada siswa. Peran guru bahasa Indonesia sebagai katalisator carrier of knowledge menduduki peran strategis dalam proses menumbuhkembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan berbahasa siswa melalui pendekatan berbasis teks. Di perguruan tinggi pun, sebenarnya hal itu berlaku. Dalam kegiatan pembelajaran sastra, sikap dan minat mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran sastra harus mendapat perhatian, karena kegiatan apresiasi, ekspresi, dan kreasi akan menentukan kualitas serta prestasi belajar.

Hal lain yang patut diperhatikan dalam pembelajaran sastra, di antaranya pemilihan bahan ajar, latar belakang budaya siswa, aspek psikologis, aspek kebahasaan, nilai karya sastra, dan keragaman karya sastra. Semua aspek tersebut harus disinergikan untuk pengembangan karakter peserta didik. Selain itu, media pembelajaran pun harus diberdayakan untuk mengefektifkan komunikasi dan interaksi guru-siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Itulah beberapa pokok artikel yang disajikan pada nomor ini. Dengan munculnya beberapa tulisan mahasiswa, mudah-mudahan dapat lebih memotivasi baik kepada mahasiswa, maupun kepada para dosen dan civitas akademisi lainnya. Semoga bermanfaat.  Baca Alinea III 5 April 2014. (admin)